Minggu, 31 Juli 2016

Sekilas Tentang Taman Nasional Tanjung Puting



Taman Nasional Tanjung Puting berada di Kalimantan Tengah dengan letak geografis 2°33’ - 3°32’ LS, 111°42’ - 112°14’ BT. Wilayah subur ini mempunyai keanekaragaman jenis ekosistem yang terdiri dari hutan tanah kering, hutan sekunder, hutan hujan tropis dataran rendah, hutan rawa air tawar, hutan pantai dan hutan mangrove.
 
Kawasan perhutanan yang memiliki luas sekitar 416.040 hektar (data menteri kehutanan) ini didominasi oleh tumbuhan liar khas hutan dataran rendah seperti pohon meranti (Shorea sp), Keruing (Dipterocarpus sp), Jelutung (Dyera costulata) dan tanaman Rotan.

Terdapat pula beberapa hewan langka yang dilindungi di kawasan hutan Tanaman Nasional Tanjung Puting yang di antaranya seperti lutung merah, beruang,  orangutan, kucing hutan, macan dahan dan kancil.

taman-nasional-tanjung-puting
Eloknya
Berbeda dengan yang ada di tempat lain, orangutan Kalimantan berbulu gelap kemerah-merahan serta tidak berekor. Sejalan bertambahnya usia, pipi orangutan jantan akan mengembang sehingga berbentuk seperti bantalan. Fase ini terus berlanjut sehingga semakin tua usia pejantan, maka rupanya akan tampak semakin seram.

Tahun 1977, UNESCO telah menetapkan Taman Nasional Tanjung Puting sebagai Cagar Biosfir. Jauh sebelumnya, kawasan ini merupakan suaka margasatwa yang ditetapkan Pemerintah Hindia Belanda pada 1937.

taman-nasional-tanjung-puting
Mari bermain bersama Orangutan, he he

Pesona alam di kawasan ini menjadikannya sebagai salah satu tujuan travelling baik wisata lokal maupun mancanegara. Bila anda hendak berkunjung ke tempat ini, di bawah ini adalah alamat kantor pengelolan Taman Nasional ini.

Secara garis besar cara mudah untuk menuju ke sini adalah via Pangkalan Bun yang dapat ditempuh dengan pesawat terbang secara langsung dari Semarang atau dengan penerbangan dari Jakarta. Ini karena Pangkalan Bun merupakan kota terdekat menuju Taman Nasional Tanjung Puting. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Kumai via darat dengan kendaraan sejauh sekitar 8 km. Lalu dari Kumai menuju Tanjung Harapan dengan perjalanan menyusuri sungai dengan kapal klotok sekitar 1,5 jam. Atau dari Kumai menuju Natai lengkuas selama 4-5 jam. Bila ingin lebih cepat, terdapat pula Kapal Cepat yang tentunya dapat mempersingkat waktu.

Alamat Kantor : Jl. HM Rafi’i Km 2 Pangkalan Bun,
                             Kota Waringin Barat 74181, Kalimantan Tengah
                             Telp./Fax : (0532) 23832

Sumber : dephut.go.id


Paostingan terkait :

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar