Selasa, 19 Juli 2016

5 Cara Mudah Berlibur Ke Karimunjawa

Cara Mudah Ke Karimunjawa. Tidak diragukan lagi wisata Pulau Karimunjawa di Jawa Tengah mulai booming di kalangan para pecinta traveling lokal dan mancanegara. Keindahan alam yang ditawarkan di Pulau yang berada sekitar 80 km sebelah utara Kota Jepara ini mampu menarik minat para pehobi pelancong untuk dijadikan salah satu destinasi andalan mereka. Apalagi setelah adanya pesawat terbang reguler dengan rute Semarang-Karimunjawa-Surabaya dan sebaliknya yang semakin memanjakan wisatawan.
 
Namun demikian masih banyak orang bingung bagaimana dan kapan waktu yang tepat untuk ke Pulau Karimunjawa karena banyaknya informasi yang terus berkembang dan berubah. Untuk itu berikut ini cara mudah ke Karimunjawa dengan berbagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan waktu dan dompet anda.

kmc-kartini-karimunjawa
KMC Kartini
Pertama, dengan menggunakan Kapal Cepat dari Semarang-Karimunjawa tiap hari sabtu pagi, dan kembali dari Karimunjawa ke Semarang hari minggu siang. Nah bagi sobat yang kebetulan bekerja kantoran paling tepat pakai kapal ini dengan memanfaatkan liburan akhir pekan. Harga tiketnya dibagi dalam 3 kelas di mana harga tertingginya (eksekutif) sekitar Rp.170an ribu. Perjalanan  memakan waktu sekitar 2 jam.


Kapal-pelni-karimunjawa
Kapal Pelni Leuser
Kedua, dengan menggunakan Kapal Pelni. Kapal berdaya muat hingga 1000 orang ini beroperasi sebulan 2 kali yakni berangkat dari Semarang Jumat malam (sekitar jam 00.00) dan pulangnya dari Karimunjawa-Semarang hari minggu. Pilihan ini juga cocok dijadikan pilihan bagi anda yang pekerja kantoran. Tarifnya juga bervariatif sesuai dengan kelasnya.

Ketiga, dengan pesawat terbang yang dioperasikan PT. Airfast Indonesia dengan menggunakan pesawat berkapasitas sekitar 19 orang. Pesawat ini terbang seminggu 2 kali pp baik dari Bandara Ahmad Yani Semarang maupun dari Bandara Juanda Surabaya. Harga tiketnya masih di bawah 500 ribu karena mendapatkan subsidi dari pemerintah. Hanya saja kalau menggunakan pesawat, pastikan ada yang menjemput dari bandara Dewadaru (karimunjawa) ke “Kota” Karimunjawa karena jaraknya lumayan jauh yakni sekitar 22 km dan tidak ada angkot maupun ojek umum.

kapal-feri-karimunjawa
Kapal Ferry
Keempat, dengan Kapal Cepat Jepara-Karimunjawa pp. Tarifnya sedikit lebih murah daripada yang dari semarang mengingat jaraknya lebih pendek.

Kelima, dengan kapal Feri dari Jepara ke Karimunjawa dengan waktu perjalanan yang lebih lama yaitu sekitar 6 jam perjalanan. Kelebihannya yaitu tarif lebih murah dan kapal ini dapat mengangkut juga mobil/motor karena kapasitasnya yang lebih besar.


Nah dari kelima pilihan di atas, silahkan disesuaikan dengan waktu dan dana masing-masing. Sebagai tambahan bahwa perjalanan dengan kapal ke Karimunjawa bergantung pada cuaca sehingga sewaktu-waktu dapat dibatalkan misalkan karena ada gelombang tinggi. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat.



Artikel Terkait :
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar